Lightning Detector Mencatat 20.731 Kali Sambaran Petir Perhari

Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor mencatat pada 27 Februari 2012 lalu sambaran petir menyambar kawasan BogorBOGOR (ANTARA) - Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor mencatat pada 27 Februari 2012 lalu sambaran petir menyambar kawasan Bogor, Jawa Barat sebanyak 20.731 kali, jumlah tersebut menjadi tertinggi di awal tahun ini. "Petir di Bogor termasuk tertinggi di Indonesia, apalagi pada musim pancaroba ini perlu di waspadai intensitas petir akan lebih meningkat," kata Kepala Seksi Data dan Informasi, Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor, Hendri Antoro, di Bogor, Selasa.

Hendri mengatakan, pada rata-rata perhari jumlah petir di Bogor terjadi lebih dari 100 kali seperti pada Sabtu (18/2) sebanyak 174 kali bahkan bisa mencapai 1.000 seperti yang terjadi pada Senin (27/2) lalu. Tingginya intensitas petir selain disebabkan oleh cuaca ekstrim juga dikarenakan kawasan Bogor merupakan pertemuan petir. Berdasarkan catatan dari data lightning detektor yaitu alat pencatat petir di Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor, pada periode Januari hingga November 2011 terjadi 22.559 kali petir, angka tersebut dibawah jumlah pada 2010 yakni sebanyak 22.709 kali petir. Hendri menjelaskan, tingginya intensitas petir di Bogor karena dipengaruhi topografi Bogor yang dikelilingi sejumlah gunung yang memiliki ketinggian hingga ribuan kaki, seperti Gunung Halimun, Salak, Pangrango dan Pancar.

Banyaknya gunung tinggi di wilayah Bogor, ditambah kontur tanahnya yang tinggi dan perbukitan menjadikan wilayah ini sebagai daerah titik embun yang mempercepat terbentuknya awan konfektif atau awan hujan. "Karena topografinya yang di kelilingi gunung sehingga menjadi Bogor sebagai kawasan titik embun yang hujannya besar-besar begitu juga sambaran petirnya," katanya. Menurut Hendri, selama musim pancaroba yang diperkirakan terjadi Maret hingga Mei, akan diwarnai fenomena cuaca ekstrim seperti curah hujan yang tinggi dengan periode singkat yang sering disertai angin kencang dan sambaran petir bahkan hujan es.

Fenomena cuaca ektrim merupakan akibat dari dampak pemanasan yang tidak merata yang mengakibatkan massa udara dingin dan panas akan bersinggungan pada wilayah yang sempit dan menyebabkan turbulensi udara, sehingga akan menimbulkan terjadinya awan-awan konfektif yang cukup banyak dengan periode tumbuh cukup cepat seperti awan Cumulonimbus (cb). Hendri menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai ketika petir terjadi untuk berlindung di tempat aman seperti rumah dan pos keamanan yang ada di pinggir jalan. "Jangan berlindung di bawah pohon atau di saung. Hindari lapangan terbuka. Pastikan aliran antena televisi dan jaringan telepon di cabut agar petir tidak menyambar sampai ke rumah," katanya menghimbau. Hendri menambahkan, tingginya jumlah petir di Bogor justru berdampak positif karena menjadikan Bogor sebagai kawasan paling subur. Dalam proses pembentukan hujan, dimana ada unsur NH2 bertemu dengan NH3 yang menciptakan NH4. NH4 sangat dibutuhkan oleh tanah untuk melakukan proses fotosintesis atau tumbuh berkembang biak.


 

Detektor Petir Genggam Untuk Pendaki Gunung

Saat ini telah hadir alat pengukur cuaca dengan ukuran relatif kecil, yang memudahkan kita dalam mengetahui kondisi cuaca apakah akan terjadi hujan dan petir atau tidak. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan pengukur suhu udara dan arah angin serta kelembaban udara, terlebih lagi para penggemar olah raga mendaki gunung, alat ini sangat berguna sekali untuk mengetahui suhu pada daerah tinggi yang mereka daki.

Bahkan saat ini telah hadir alat detektor petir genggam yang sangat bermanfaat bagi kita khususnya para pendaki gunung untuk menjaga keselamatan dari ancaman bahaya sambaran petir. Alat peringatan sambaran petir ini dinamakan "qStart" merupakan perangkat yang bisa memberikan informasi kepada kita untuk memilih jalan yang aman ketika mendaki gunung. The "Strike Alert" (Peringatan Sambaran) merupakan alat detektor pertama yang paling aman dan nyaman serta praktis karena ukurannya yang relatip kecil. Alat ini mempunyai tingkat keakurasian yang dapat diandalkan. Apabila terjadi badai alat ini dapat mendeteksi jarak terjadinya petir sejauh 40 mil yang di ukur berdasarkan tingkat suara gemuruh.

Alat pendeteksi petir ini sangat berguna juga bagi mereka yang senang mendaki gunung atau mereka yang sering melakukan aktifitasnya dilapangan terbuka, misalnya olah raga Golf, Sepak Bola, sehingga kita dapat mengetahui lebih awal akan terjadi badai petir yang menuju ke wilayah dimana kita berada. Meskipun pada umumnya tempat olahraga atau sarana umum telah dilengkapi sistem proteksi petir, tidak ada salahnya bila kita juga mempunyai alat detektor pribadi sebagai pendukung sistem proteksi petir yang sudah ada dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan diri kita sendiri.


 

Alat Peringantan Cuaca Melawan Badai Petir

Badai petir adalah kondisi cuaca yang terdiri dari angin kencang, hujan deras, keberadaan guntur, petir serta hujan esBadai petir adalah kondisi cuaca yang terdiri dari angin kencang, hujan deras, keberadaan guntur, petir serta hujan es. Angin Tornado juga dapat terbentuk selama badai petir terjadi. Sambaran petir dapat terbentuk secara sendiri atau dalam bentuk kelompok. Badai petir atau kilat termasuk gangguan cuaca yang dikenal dapat menimbulkan kerusakan properti, kehidupan dan menimbulkan kerusakan tanah di belakangnya.

Perkembangan sebuah sistem proteksi untuk memprediksi serta meningkatkan kewaspadaan bagi masyarakat akan gangguan cuaca yang akan datang. Ada dua jenis peringatan cuaca untuk badai petir yaitu alat pemantau petir dan alat peringatan badai petir. Kedua konsep alat tersebut memiliki tujuan sama yaitu untuk memberikan peringatan kepada masyarakat di gunakan dalam kasus yang berbeda dan terkadang dengan melihat perbedaan wilayah.

Alat pemantau petir merupakan alat untuk memberikan peringatan yang menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada potensi badai datang ke wilayah tertentu. Pemantauan petir dapat ditampilkan atau ditayangkan melalui media televisi atau radio untuk jangka waktu yang panjang. Lamanya waktu dapat lebih lama daripada peringatan badai karena badai petir atau gangguan cuaca lainnya hanya kemungkinan akan terjadi melewati atau mengenai wilayah tertentu.

Alat pemantau badai petir dikeluarkan pada saat kondisi badai yang sangat aktif atau sangat mungkin terjadi. Indikator tertentu seperti angin datang pada kecepatan 55-60 mil per jam atau setara dengan 88-96 kilometer per jam, jika kondisi tersebut kemungkinan besar akan terjadi badai dan dapat membuat alat pemantau badai efektif bekerja. Sebuah alat pemantau badai dapat mencakup area yang sangat luas.

Sebagai perbandingan, alat peringatan terhadap badai adalah jenis yang lebih sensitif. Dalam hal ini, jenis pencegahan badai atau gangguan cuaca lainnya yang telah terjadi dapat diprediksikan lokasinya lebih tepat. Kondisi untuk badai yang telah terjadi di tempat dan ada bukti gerakan dari badai tersebut. Cuaca seperti radar, satelit dan lain-lain dapat di tampilkan berupa gambar atau laju daripada badai tersebut. Berbeda dengan alat pemantau badai, alat peringatan badai hanya mencakup wilayah relatif kecil. Alat peringatan badai juga terjadi dalam periode waktu lebih pendek dan lebih pasti.


Ringkasan :

  1. Alat pemantau badai dan alat peringatan badai yang digunakan oleh beberapa stasiun cuaca dan program berita untuk memberikan informasi secara detai ke masyarakat tentang badai yang datang disuatu daerah. Prakiraan cuaca ini sangat memungkinkan masyarakat mempersiapkan segala sesuatunya untuk badai yang akan datang, bahkan terkadang dapat dijadikan sebagai panduan bagi masyarakat untuk meninggalkan suatu daerah untuk menghindari bencana. Termasuk acuan pemerintah dalam memberikan kebijakan atau informasi terhadap masyarakat dalam mengevakuasi penduduk.
  2. Sebelum mengeluarkan sebuah alat pemantau badai atau alat peringatan badai, tentunya harus memahami pedoman tertentu untuk di amati.
  3. Sebuah alat pengamat badai dan alat peringatan badai adalah dua jenis yang berbeda peringatannya. Sebuah alat pengamat petir dikeluarkan ketika kemungkinan terjadi badai sementara alat peringatan badai dikeluarkan ketika petir itu sendiri pasti dan dapat diamati.
  4. Sebuah alat pengamat badai terjadi dalam periode lebih panjang dibandingkan dengan alat peringatan badai. Sedangkan alat pengamat petir ditujukan untuk ruang lingkup yang lebih besar dan lebih luas dibandingkan dengan alat peringatan badai yang lebih kecil dan spesifik.
  5. Alat pengamat badai dikeluarkan awal atau sebelum badai terbentuk atau terjadi, sementara alat peringatan badai yang dikeluarkan sebelum badai benar-benar terjadi mengenai tanah atau permukaan bumi.
  6. Masyarakat masih dapat melakukan aktivitas normal ketika alat pemantau badai dikeluarkan, sementara masyarakat disarankan untuk tinggal di tempat yang aman dengan rencana untuk persiapan meninggalkan suatu daerah ketika peringatan badai dikeluarkan. Sebelum dikelurkannya alat pemantau badai dan alat peringatan badai beberapa mesia memberikan saran kepada masyarakat agar tetap waspada jika terjadi badai petir.

 

Petir Untuk Charger Ponsel

eneliti dari University of Southampton bekerja sama dengan Nokia membuat charger ponsel nirkabel dengan tenaga petirSOUTHAMPTON - Peneliti dari University of Southampton bekerja sama dengan Nokia membuat charger ponsel nirkabel dengan tenaga petir. Penelitian mengubah kilatan petir menjadi daya pengisi baterai ponsel Nokia.

Dalam tahap pengujian di laboratorium peneliti menciptakan petir dengan menyalurkan listrik berkekuatan 200 ribu volt. Kekuatan listrik sebesar itu merupakan tegangan yang biasanya terdapat pada petir. Dari petir buatan tersebut di sematkan pula transformastor untuk mengirim sinyal berisi daya petir.

Sebuah alat seperti trafo yang bertugas menerima sinyal dari tenaga petir juga disematkan pada ponsel Nokia yang mana alat tersebut mampu mengisi baterai ponsel.

"Sebagai perusahaan pertama yang memperkenalkan sistem pengisian daya baterai dengan nirkabel, kami percaya bahwa penelitian ini berpotensi untuk memunculkan ide-ide baru tentang sistem charging di masa datang." kata wakil presiden Nokia, Chris Weber. Sebagaimana dikutip Mashable Minggu (6/10/2013).

"Temuan ini membuktikan kepada kita bahwa ponsel juga di charger melalui sinyal dan ini adalah langkah besar yang membuat kita jadi paham bahwa kekuatan alam seperti petir bisa kita manfaatkan sebagai sumber energi" Neil Palmer, kepala penelitian dari university of Southampton menambahkan.


 

Bahaya Sambaran Petir

BAHAYA DAN ANCAMAN SAMBARAN PETIR

Bahaya dan ancaman sambaran petir terus mengintai kita, rumah, kantor serta bangunan lainnya yang menjadi aset kita, apalagi seiring datangnya musim penghujan yang di sertai badai.
Read More Bahaya dan Ancaman Petir...

 

Mekanisme Kerja Penangkal Petir

MEKANISME KERJA PENANGKAL PETIR FLASH VECTRON

Penangkal petir Flash Vectron merupakan penangkal petir modern yang berbasis kerja E.S.E (Early Streamer Emission) Sistem ESE bekerja secara aktif dengan cara mengumpulkan ion dan melepaskan ion dalam jumlah besar ke lapisan udara sebelum terjadinya sambaran petir.
Read More Mekanisme Kerja Penangkal Petir

 

Live Traffic Feed