Petir Sambar Gardu PLN, Lalu Bakar Puluhan Rumah Penduduk

BATAM - Petir yang mengguntur menyambar gardu listrik hingga menyebabkan suara ledakan yang cukup keras. Percikan api muncul dari gardu tersebut dan langsung menyambar rumah milik Tilung yang berada di samping gardu terbakar.

Kebakaran ini terjadi di perumahan padat penduduk di Balai Kebun RT. 07 / RW. 02 Taman Balai kota Batam, pada Minggu (14/7/2013) sekitar pukul 07. 30 WIB.

Setelah menyasar rumah Tilung, api merambat ke rumah warga lainnya. Sedikitnya 20 rumah semi permanen dan 2 sepeda motor terbakar.

Menurut salah seorang warga, Niko Laka kebakaran berawal dari sambaran petir pada gardu milik PT PLN - Batam. Niko menyatakan, Sebelumnya warga sudah pernah meminta pada PLN - Batan untuk memindahkan gardu tersebut.

Kebakaran ini tidak menelan korban jiwa, namun kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah. Sejumlah ibu rumah tangga dan anak-anak beteriak histeris saat kebakaran melanda. Sejumlah barang elektronik dan barang berharga lain seperti ijazah, dan surat-surat penting lainnya hangus terbakar.

Kepala Bidang Penanggulangan Bahaya Kebakaran Otorita Batam Tugimin mengatakan, Sedikitnya 5 mobil pemadam kebakaran di turunkan guna memadamkan kebakaran tersebut. "Untuk penyebabnya akibat sambaran petir pada gardu PLN yang terletak persis di samping pemukiman warga" jelasnya kepada detik.com

Pihak pemerintah kota Batam langsung turun tangan meninjau ke lokasi. Wakil Walikota Batam Rudi SE mengatakan, pihaknya akan membuat tenda darurat untuk warga sekaligus memberikan bantuan makanan dan minuman selama 3 hari.

"Pemerintah Kota Batam juga membantu berupa pakaian bekas untuk warga yang kehilangan sejumlah barang, apalagi ini bulan ramadhan," tambah Rudi.


Antisipasi Petir PLN Meulaboh Siapkan Pengaman Jaringan

BANDA ACEH (Antara News) - Perusahaan Listrik Negara Cabang Meulaboh, Kabupaten Aceh barat Provinsi Aceh mempersiapkan proteksi pengamanan jaringan listrik di sejumlah wilayah untuk mengantisipasi kerusakan akibat sambaran petir yang terus mengancam wilayah kerjanya. Kepala PT. PLN persero Cabang Meulaboh Abdullah di Meulaboh mengatakan upaya tersebut guna menghindari terjadinya kerugian pada pelanggan dan perusahaan akibat gangguan jaringan listrik terkena petir.

" Sebenarnya pengaman jaringan listrik sudah ada terpasang, namun hanya di sejumlah titik yang kita anggap rawan gangguan jaringan, oleh karena itu pengadaan ini terus kita upayakan" katanya.

Yang jelas hantaman sambaran petir yang melanda kawasan pantai Barat Aceh beberapa hari lalu mengakibatkan terjadinya pemadaman listrik di Kecamatan Meureubo karena terkena petir. Untung saja tower listrik yang ditempatkan disana memiliki proteksi tegangan tinggi. Selain itu kata Abdullah, untuk meningkatkan pelayanan kepada 121 ribu lebih pelanggan di wilayah kerjanya, pihak perusahaan akan terus melakukan perawatan jaringan dengan mengganti kabel listrik yang lama dan dilengkapi dengan pemasangan penangkal petir

Ada tiga titik di seputar Kota Meulaboh yang dilakukan perbaikan konstruksi dalam Minggu ini yaitu di Desa Seuneubok tepatnya kawasan PLTD Desa drien rampak Simpang kisaran dan Desa Kuta Padang.

 

Jaringan Listrik Kota Pekanbaru Di Serang Petir

PEKANBARU (Metrotvnews) - Hujan badai disertai gemuruh petir melanda sebagian besar kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kondisi ini mengakibatkan listrik didaerah itu padam pada Sabtu 17 Maret 2012 malam hari.

"Hujan badai ini berlangsung sekitar pukul 19.45 WIB. Lampu PLN padam setengah jam setelah turun hujan deras atau sekitar pukul 20.00 WIB" Kata Anila, warga setempat. Hingga saat ini belum diketahui kondisi jaringan listrik PLN hingga menyebabkan terputusnya sambungan listrik kerumah warga. Anila juga mengatakan hujan deras disertai angin kencang dan gemuruh petir juga menyebabkan atap beberapa rumah warga berterbangan.

Kondisi cuaca buruk antara lain ditandai dengan turunnya hujan deras disertai angin kencang dan gemuruh petir, sebelumnya telah diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru. Para analis lembaga pemantau cuaca itu mengatakan, cuaca buruk Maret 2012 akan sering terjadi dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

 

Listrik di Batam Mati Total

BATAM, Kompas.com - Aliran jaringan listrik di seluruh kota Batam mati sejak sekitar pukul 19.30 WIB, hingga berita ini diturunkan. Humas PT. Pelayanan Listrik Nasional (PLN) batam, Wina mengatakan, teknisi anak perusahaan PT. PLN Persero masih menyelidiki penyebabnya, "kami masih mencari tahu penyebabnya" kata Wina. Namun kemungkinan terbesar karena salah satu instalasi listrik tersambar petir yang sejak pukul 18.00 WIB bergemuruh di Kota Batam. Wina masih belum dapat memastikan waktu pemadaman listrik. " Tim berupaya semaksimal mungkin agar listrik dapat segera pulih" Kata dia.

Sementara itu, kota Batam gelap gulita akibat listrik mati total. Warga menyesalkan mati lampu yang secara tiba-tiba. " Saya sedang memasak nasi menggunakan listrik sewaktu mati lampu" Kata Emi, Ia berharap listrik segera menyala.

Bulan Juli 2009 (Antara News), kota Batam pernah mati lampu akibat line transmitter antara Panaran dan Sagulung terkena sambaran petir. Akibat mati lampu membuat beberapa persimpangan kota jadi macet, hal ini dikarenakan lampu lalu lintas juga mati. Kecuali di beberapa persimpangan padat seperti Simpang Jam tetap menyala karena menggunakan genset.

 

Jaringan KRL Rusak Terkena Petir

JAKARTA, okezone.com - PT. PLN (Persero) mengakui hari ini terdapat gangguan saluran udara ekstra tinggi sehingga mengakibatkan jaringan Kereta Rel Listrik (KRL) sempat terganggu.

"Mohon maaf ada saluran udara tegangan ekstra tinggi Bekasi - cawang yang terkena petir. Sekarang sudah normal semua" ungkap Kepala Humas PLN Bambang Dwianto dalam pesan singkatnya kepada okezone, Senin 26 Maret 2012.

Selain jaringan KRL, hari ini jaringan listrik di Jakarta khususnya Jakarta Selatan juga terganggu. Meskipun begitu Direktur Utama PLN Nur Pamuji menyangkal bahwa kendala ini terkait anggaran subsidi listrik yang tidak disetujui DPR dalam APBN-P 2012 sebesar 93 triliun. Dalam APBN-P mendatang, DPR tidak memperbolehkan perusahaan pelat merah tersebut menaikkan tarif dasar listrik dan juga hanya memberi subsidi listrik sebesar 64 triliun.

"Bukanlah, kita kan profesional. Bukan preman, kita tidak seperti itu" ungkap Pamuji di gedung DPR-RI.

Menurut Nur, mati lampu akhir-akhir ini dikarenakan ada hujan lebat di sejumlah daerah di Jakarta. "tadi ada hujan lebat di selatan Jakarta, kita kan gak bisa melawan alam" paparnya.