Disambar Petir, Rumah & Alat Elektronik  Warga di Kaki Gunung Sumbing Rusak


MAGELANG.Kompas.com - 
Sebuah rumah dan belasan benda elektronik milik warga Dusun Sangubanyu, Desa Banyuwang, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rusak akibat tersambar Petir.

Informasi dari Polsek Bandongan menyebutkan, rumah yang rusak milik Tasripan (50) warga setempat, dan 13 benda elektronik milik warga sekitarnya.

Kapolsek Bandongan AKP I Gede Mahardika mengatakan, peristiwa yang terjadi pada Selasa (26/9/2017) sekitar pukul 19.45 WIB itu bermula ketika hujan deras  disertai petir mengguyur wilayah di kaki Gunung Sumbing itu.

"Saat hujan,petir menyambar rumah Tasripan. Akibatnya atap rusak,genteng berhamburan, kaca jendela, barang-barang elektronik juga tiba-tiba rusak," Ujar Gede, Rabu (27/9/2017).

Pada saat bersamaan, benda-benda elektronik milik warga juga terdampak petir, di antaranya, mesin isi ulang air mineral milik Eko Sumekto (35), lalu benda-benda milik SD Negeri III Banyuwangi berupa telepon seluler, bel listrik, televisi, wifi dan sebagainya.

Pasca kejadian itu, dengan sukarela, warga sekitar melakukan kerja bakti membersihkan rumah korban Tasripan dan korban-korban lainnya. Tidak ada korban luka dalam peristiwa ini. meski di yakini kerugian materil yang di alami korban mencapai puluhan juta rupiah.

Sekretaris Desa Banyuwangi Abdul Cholik menyebut kerugian yang diderita seluruh korban diperkirakan mencapai Rp.50 Juta. Sejak Rabu pagi, warga dibantu aparat dan sukarelawan membantu memperbaiki rumah milik Tasripan yang rusak.

"Kami meminta masyarakat untuk waspada, jika ada hujan disertai petir. Kita berharap kerjadian serupa tidak ada lagi," ujarnya.

 

 

 


 

Pesawat Telepon dan Fax Terkena Induksi Petir

CISARUA, Bogor - Didaerah Bogor merupakan kawasan yang memiliki intensitas petir yang sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan wilayah Bogor berada didataran tinggi Jawa Barat. Sering kita menyaksikan bahwa awan di wilayah tersebut selalu mendung dan sering hujan. Pada bulan Desember 2011, tepatnya di sebuah Vila yang pemiliknya adalah mantan pejabat di Indonesia sangat khawatir Vila miliknya terganggu akibat ancaman sambaran petir.

Menurut penjaga Vila tersebut, jika keadaan mendung sering sekali telepon bunyi sendiri seperti ada yang menghubungi padahal tidak ada. Selain itu suara kita kalau berbicara melalui pesawat telepon terdengar kurang jelas. Hal tersebut membuat pengelola Vila tersebut menghubungi sebuah perusahaan spesialis kontraktor penangkal petir untuk mensurveynya. Setelah dilakukan survey, ternyata memang benar bahwa jaringan PABX di Vila tersebut telah rusak bahkan hangus akibat terkena induksi petir.

Beberapa hari kemudian pengelola Vila tersebut meminta agar permasalahan yang terjadi akibat gangguan petirdapat di perbaiki, karena sistem proteksi petir yang ada tidak memenuhi standart instalasi penyalur petir. Alhasil di pasang penangkal petir elektrostatis merk Flash Vectron dengan radius proteksi 150 meter sebanyak 3 titik beserta pemasangan surge arrester listrik dan surge arrester PABX. Setelah pemasangan tersebut pengelola Vila dapat merasakan ketenangan, tidak khawatir gangguan petir.

 



Jaringan Telepon Terputus Tersambar Petir



CAKUNG, Jakarta - Jaringan telepon di sebuah perusahaan pergudangan yang terletak dikawasan industri di sekitar Cakung, Jakarta Timur pada bulan Maret 2012 rusak tersambar petir, kejadian tersebut membuat operational di perusahaan sangat terganggu. Menurut salah satu karyawannya, beberapa jaringan telepon terputus tidak dapat digunakan, demikian juga pesawat fax yang ada di kantornya.

Setelah dilakukan survey oleh kontraktor penangkal petir, ternyata memang benar. Hal ini di karenakan system proteksi petir di perusahaan tersebut tidak memenuhi standart instalasi, dan belum dipasangnya surge arrester listrik dan surge arrester PABX sebagai alat yang dapat membantu mengantisifasi induksi petir.

Alhasil perusahaan tersebut meminta dipasang penangkal petir eksternal beserta surge arrester listrik, PABX dan LAN. Setelah dipasang perangkat tersebut operational perusahaan dapat berjalan dengan baik tanpa ada gangguan yang disebabkan oleh sambaran petir.